Loading...

Wakili Pj Bupati Malteng, Jauhari Tuarita Hadiri Kegiatan Deteksi Cegah Dini ATHG Menuju Pilkada Aman & Damai

MASOHI, MALUKU CHANNEL ONLINE - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si yang diwakili oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Malteng, Jauhari Tuarita menghadiri Kegiatan Deteksi dini dan Cegah dini terhadap Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATGH) menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aman dan Damai tahun 2024 pada, Kamis (26/09/2024).

Dalam sambutan Pj Bupati Malteng, Rakib Sahubawa yang dibacakan oleh Pj Sekda Malteng, Jauhari Tuarita mengatakan bahwa, atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Malteng, saya sangat Mengapresiasi dan Menyambut baik terselenggaranya Kegiatan ini yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dalam Upaya untuk mewujudkan Penyelenggaraan Pilkada yang Aman dan Damai di Kabupaten Malteng.

"Forum ini tentunya sangat Penting dan Strategis dalam Rangka menyamakan Persepsi dan mengatur langkah kedepan agar, semakin Sinergis dan Efektif peran seluruh Pihak dalam Rangka meningkatkan Pendektesian dan Pencegahan serta Peringatan untuk Mengantisipasi Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan," ungkapnya.

Kabupaten Malteng terdiri atas 19 Kecamatan 186 Negeri dan 6 Kelurahan dengan Luas Wilayah 7.953,81 km², Jumlah Pemilih pada Pilkada Serentak tahun 2024, sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Malteng adalah sebanyak 304.278 Pemilih tersebar pada 694 TPS.

Untuk mendukung Kelancaran Pelaksanaan Pilkada tahun 2024, Pemda Malteng memberikan Dukungan Penuh kepada Penyelenggara, untuk Menjamin Suksesnya Pelaksanaan Tahapan Pilkada tahun 2024, dengan Menjamin Ketersediaan Anggaran yakni, Pendanaan Kegiatan Pilkada yang dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malteng baik untuk Dukungan Dana bagi KPUD Malteng, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Malteng dan Dukungan Dana Pengamanan TNI-Polri serta Menjaga Stabilitas Politik dan Keamanan.

Berdasarkan Hasil Pemetaan Bawaslu Provinsi Maluku yang disampaikan pada tanggal 12 September 2024 lalu, dimana Kabupaten Malteng menduduki Urutan Pertama Tingkat Kerawanan Pilkada. Dan sesuai Data Indeks Potensi Kerawanan Pilkada (IPKP) dengan Dimensi 6 Ambang Gangguan, Kabupaten Malteng dikategorikan Sangat Rawan.

"Kerawanan dalam Pilkada bisa disebabkan oleh Polarisasi Politik ditandai dengan adanya Perbedaan Pendapat yang Tajam antara Kelompok-kelompok Politik. Sehingga, Sulit untuk mencapai Konsensus yang dapat disebabkan karena adanya Perbedaan Ideologi, Perbedaan Kepentingan dan Perbedaan cara Pandang," ujarnya.

Polarisasi Politik dapat Berdampak Negatif terhadap Masyarakat, seperti meningkatnya Konflik Sosial, menurunnya Kepercayaan Masyarakat terhadap Pemerintah dan terhambatnya Pembangunan. 

Dugaan Kecurangan selama Tahapan Pilkada Kecurangan dalam suatu Pemilihan ini sering terjadi dan banyak yang melibatkan Unsur Penyelenggara Pemilihan. Partisipasi Pemilih Berdasarkan Data Partisipasi Masyarakat Maluku yang turut serta dalam mengikuti Pemilu pada tanggal 14 Pebruari 2024 ternyata Tingkat Partisipasi Masyarakat adalah 79 Persen. 

"Hal ini menunjukan bahwa, Tingkat Partisipasi Masyarakat masih Rendah. Penyebab Tingkat Partisipasi Pemilih ini Rendah adalah Kurang Antusiasnya Pemilih mengikuti Pemilu masih terdapatnya dalam DPT nama Pemilih Meninggal, Penduduk yang telah Berpindah Tempat, Pemilih Ganda 
terdapat Pemilih yang Lokasi Tempat Pemumutan Suara (TPS) Jauh dari Lokasi Tempat Tinggal," katanya.

Untuk itu, perlu kita didorong secara Optimal Peningkatan Partisipasi Masyarakat untuk menggunakan Hak Pilihnya dalam Rangka mewujudkan Suksesnya Pilkada tahun 2024 dengan Target yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Penyaluran Logistik Kondisi di Malteng yang terdiri dari 19 Kecamatan dan 192 Desa/Kelurahan, dimana Kondisi Geografis dan Kondisi Cuaca dapat mempengaruhi Proses Penyaluran Logistik Pemilu.

"Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) memberikan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) kepada KPU," ucapnya.

Melalui Forum ini, saya meminta semua Pihak untuk bisa Menjalin Sinergitas yang Kuat dan Berkesinambungan, baik antar Penyelenggara Pemilu, Pemda dan Aparat Keamanan serta Pemangku Kepentingan Pemilu lainnya. Mari kita Bersama-sama Menjaga Proses Demokrasi ini demi Terwujudnya Pilkada yang Aman dan Damai di Bumi PamahanuNusa.

Diakhir sambutan, Pj Bupati Malteng yang dibacakan oleh Pj Sekda menyampaikan Apresiasi dan Terima kasih yang mendalam kepada Kabinda Maluku dan Badan Kesbangpol Provinsi Maluku yang telah mendukung Terselenggaranya Kegiatan ini. 

"Harapan kita bersama Semoga semua Proses dan Hasil Pemilu Kepala Daerah tahun 2024 dapat Berjalan dengan Baik dan Berkualitas," tutupnya. (MCJ)
Malteng 761530176023817720

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC