Loading...

Sadali le Buka Rapat Koordinasi Daerah ST2023

AMBON, MALUKU CHANNEL ONLINE - Penjabat (Pj) Gubernur Maluku, Ir. Sadali Ie, M.Si. IPU membuka dengan Resmi Kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Sensus Pertanian (ST2023) dalam Rangka Evaluasi Data SEP 2024 untuk Mengawal Kualitas Data Pertanian Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten/Kota Se-Maluku yang bertempat di The Natsepa Hotel, Desa Suli, Kecamatan Salahutu Kabupaten, Maluku Tengah (Malteng) pada, Selasa (15/10/2024).

Hadir dalam Acara itu, Kepala BPS Provinsi Maluku dan Jajarannya, Kepala BPS 11 Kabupaten/Kota Se-Maluku, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku/mewakili, Pimpinan Instansi Vertikan Provinsi Maluku/Mewakili, Narasumber serta Undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pj Gubernur Maluku mengatakan, atas nama Pemprov Maluku dirinya Mengapresiasi Kegiatan Rakor tersebut guna Menghasilkan Data yang Berkualitas, dalam Perencanaan Pembangunan Pertanian di Provinsi Maluku.

Dalam Rakor tersebut Pj Gubernur Maluku menyampaikan beberapa Hal Penting antara lain:

"ST2023 menjadi sebuah Data yang sangat Penting untuk memahami Dinamika Sektor Pertanian di Maluku serta menjadi Pengetahuan dalam Perencanaan Kebijakan yang Berbasis Data Akurat dan Terpercaya," ungkapnya.

Sebagai Bagian dari Upaya Kolaboratif dalam Pembangunan yang Inklusif yang Berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045.

BPS Merilis Pertumbuhan Ekonomi Maluku 2024 tumbuh Positif secara Year On Year sebesar 3,12 Persen dimana Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, masih  Mendominasi Struktur Perekonomian di Maluku, memberikan Kontribusi sebesar 3,85 Persen.

"Hal ini menunjukkan bahwa, Sektor Pertanian mempunyai Peranan yang sangat Penting dalam membangun Perekonomian Nasional dan Perekonomian Provinsi Maluku," ujarnya.

Karena itu, lantut Pj Gubernur, Indikator-indikator yang disusun dari Hasil Sensus Pertanian 2023 ini diharapkan menjadi Sumber Rujukan  bagi Pengambilan Kebijakan disektor Pertanian.

Pemprov Maluku mengucapkan Terima kasih kepada BPS Provinsi Maluku dan seluruh Jajarannya yang telah banyak menghasilkan Indikator Makro yang Bermanfaat untuk Kepentingan Perencanaan.

"Monitoring dan Evaluasi Pembangunan disuatu Wilayah dapat menjawab Isu-isu Strategis Terkini disektor Pertanian," ucapnya.

Pj Gubernur berharap, Kolaborasi dan Sinergitas antara Pemerintah Daerah (Pemda), Akademisi serta Stakeholder dan BPS terus Terjalin, untuk Bersama-sama Membangun Maluku yang kita Cintai.

"Saya juga menyampaikan Terima kasih kepada seluruh Petugas ST2023 yang telah Berjuang untuk mengumpulkan Data dengan Akurat dan Tepat," tutupnya.

Usai memberikan sambutan, Pj Gubernur Maluku bersama Kepala BPS Provinsi Maluku melakukan Peluncuran/Launching Aplikasi MOLUSTATS (Moluccas Statistics) BPS Provinsi Maluku. (TIM)
Ekonomi 2157689430024966845

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC