Loading...

Bawaslu Maluku Tengah Mengelar Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Tahun 2024

MASOHI, MALUKU CHANNEL ONLINE - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur/Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024, maka Badan Pengawasan Pemilihan Umum Kabupaten Maluku Tengah menggelar kampanye damai pada, Selasa (01/10/2024) di Jalan Pattimura, Masohi.

Dalam kesempatan ini pula, Ketua Bawaslu Kabupaten Maluku Tengah, La Amsuri Rumbia, dalam sambutannya yang dibajakan oleh Siti Nur Malawat Komisioner Bawaslu Maluku Tengah mengatakan bahwa kepada semua calon dan tim sukses untuk mematuhi ketentuan kampanye. Untuk itu, Kami telah mendeteksi banyak pelanggaran yang melibatkan ASN dan pihak-pihak lain, namun sampai saat ini belum ada laporan yang masuk sampai ke Bawaslu.

"Kami berharap kepada semuanya, mari bersama-sama kita menjaga demokrasi ini, agar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk tahapan kampanye nantinya penting melakukan koordinasi dalam pelaksanaan, termasuk pengajuan Surat Tanda Terima Pemberitahuan kepada kepolisian, sebelum berkampanye," ungkap Ketua Bawaslu.

Dikesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Subair memberikan apresiasi kepada peserta yang berkomitmen untuk menjaga kedamaian, serta membahas potensi kerawanan. Yang mana, Kabupaten Maluku Tengah menjadi salah satu daerah paling rawan, karena tingginya jumlah pemilih dan ini adalah tanggungjawab kita bersama untuk menjaga semua proses pentahapan.

"Pelanggaran, seperti politik uang dan ketidaknetralan ASN, akan dikenakan sanksi tegas. Kampanye yang damai hanya bisa tercipta jika semua pihak mentaati aturan. Untuk itu, semua pihak dapat berkontribusi untuk memastikan pilkada yang damai dan sukses, menjadikan Maluku Tengah sebagai contoh perhelatan demokrasi yang bermartabat," harap Ketua Bawaslu.

Ditempat yang sama, Penjabat Bupati Kabupaten Maluku Tengah, Rakib Sahubawa dalam sambutannya yang dibacakan oleh yang Asisten Setda Maluku Tengah. Selviana Mattemu mengatakan bahwa Pilkada damai sebagai momentum pengingat bagi semua Paslon dan tim pendukung,
dalam menyampaikan program dan visi misi, ketika melakukan kampanye, di utamakan dengan cara-cara damai, tanpa hoaks, politik uang, dan menjatuhkan atau merugikan pihak lain.

"Marilah kita semua wujudkan Pilkada di Kabupaten Maluku Tengah ini, dengan aman, nyaman dan damai, gunakanlah hak pilih yang sesuai, agar nantinya Masyarakat Kabupaten Maluku Tengah, mempunyai pemimpin yang mementingkan kepentingan seluruh masyarakat Kabupaten Maluku Tengah yang kita cintai bersama ini," tutupnya.

Turut hadir dalam deklarasi, Asisten Setda, Selviana Mattemu mewakili Pj Bupati Rakib Sahubawa, para pimpinan TNI-Polri yang ada di Malteng, para kandidat calon Bupati/Wakil Bupati Nomor urut 03, Andi Munaswir dan Tina Tetelepta dan Colon Wakil Bupati Nomor urut 1, Dani Nirahuwa serta Pimpinan Parpol dan tim pendukung yang turut hadir pada kegiatan tersebut.

Untuk diketahui bahwa, Dua Paslon yang lain yaitu pasangan calon Nomor urut 4, Zulkarnain Awat dan Mario Lawalata, dan nomor urut 02, Ibrahim Ruhunussa dan Liliana Aitonam tidak hadir, karena ada agenda lain.
Malteng 4302559191099650420

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC