Loading...

Mewakili Sahubawa, Asisten II Hadiri Rakor Bidang Kesehatan Masyarakat

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat diruang Rapat Lantai Tiga Kantor Bapplidbangda Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Penjabat (Pj) Bupati Malteng, DR. Rakib Sahubawa, S,Pi, M,Si yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Malteng, Julius Boro, S.IP, M.MP menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Kesehatan Masyarakat tahun 2024.

Dalam sambutannya, berpesan agar Kerjasama dan Kolaborasi seluruh Stakeholder Terkait bisa Benar-benar Fokus pada Intervensi yang mempunyai Daya Ungkit Tinggi dan mempunyai Dampak yang bisa dilihat dengan cepat untuk mencapai Output dan Outcome yang diharapkan dalam Menyongsong Era Indonesia Emas 2045. Rabu (17/07/2024).

Saya sangat Mengapresiasi terselenggaranya Kegiatan Rakor Kesehatan Masyarakat yang dilaksanakan hari ini, karena sangat Penting sebagai Forum Komunikasi untuk Berdiskusi Kendala dan Tantangan serta mencari Solusi Efektif dalam Pembangunan Kesehatan dan Komitmen untuk menurunkan Angka Stunting di Kabupaten Malteng.

"Pembangunan Bidang Kesehatan merupakan salah satu Fokus Pemerintah guna mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Sehat dan Berkualitas menuju Indonesia Emas 2045," ungkapnya.

Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Kesehatan Masyarakat ini tidak hanya menjadi Ajang untuk Bertukar Informasi dan Pengalaman, tetapi juga sebagai Langkah Konkret untuk meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Malteng," ungkap Pj Bupati Malteng dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Sekda Malteng.

"Dengan Sinergi yang lebih baik antara Puskesmas dan Dukungan dari Masyarakat, diharapkan Target Kesehatan yang lebih baik dan Inklusif dapat Tercapai dalam Waktu yang lebih Singkat," ujarnya.

Terkait dengan itu, maka ada beberapa Hal Penting yang perlu saya Tegaskan kembali dan menjadi Perhatian kita semua yaitu:

Pertama, Terkait Stunting. Perlu diketahui bahwa, Berdasarkan Data Aplikasi elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM), menunjukan Angka Stunting Kabupaten Malteng per Bulan Juni 2024.

Untuk itu, saya harapkan agar Pelaksanaan semua Program dan Kegiatan Intervensi Penanganan Stunting diseluruh Negeri/Kelurahan dapat di Optimalkan dalam mendukung Percepatan Penurunan Stunting tahun 2024.

Selain itu, Penguatan dari Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dari mulai Tingkat Kabupaten kemudian Kecamatan, sampai dengan Negeri dan Kelurahan, perlu juga diperhatikan.

Tingkatkan Kolaborasi antar Unit Kerja dalam Mengoptimalkan Layanan Kesehatan kepada Masyarakat dengan Membangun Koordinasi yang baik antar Puskesmas dan Stakeholder Terkait guna memastikan setiap Program Kesehatan dapat berjalan Efektif dan tepat Sasaran.

"Seluruh Jajaran Kesehatan diharapkan agar terus meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Sehat untuk mendorong Masyarakat dapat berperilaku Hidup Sehat," ucapnya.

Dari Rakor ini dapat diketahui Hasil Capaian Kinerja 2024 dan Perumusan Langkah-langkah Strategis untuk mencapai Target Kinerja kedepan. Melalui Pemetaan Kesehatan yang Komprehensif, Perumusan Strategi bersama dan Penguatan Kapasitas serta Kolaborasi, diharapkan dapat terwujudnya Program dan Kegiatan Kesehatan yang berdampak Positif bagi Masyarakat Malteng pada tahun 2024.

Diakhir sambutan Pj Bupati Malteng yang dibacakan Asisten II Setda Malteng menyampaikan Apresiasi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Stakeholders Terkait yang selalu melakukan Kegiatan Percepatan Penurunan Stunting dengan Pendekatan Multisektor demi mewujudkan Maluku Tengah Zero Stunting.

"Semoga melalui Rakor ini dapat memberikan Motivasi dan Semangat kepada kita semua untuk terus berusaha dan pantang menyerah dalam mewujudkan Maluku Tengah Sehat demi menuju Indonesia Emas," tutupnya. (MCJ)
Malteng 6099298084822630244

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC