Loading...

Bidang Perumahan Dinas PRKP Ambon Kelola DAK Terbaik 2018


AMBON, Malukuchannel.com - Bidang Perumahan Rakyat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Ambon, menunjukan kinerja terbaik dalam mengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2018.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI memberikan penilaian terbaik terhadap kinerja administrasi, keuangan, fisik dan koordinasi, dari Dinas PRKP Kota Ambon khsusunya Bidang Perumahan Rakyat.

Lima bidang yang dinilai Kementerian PUPR adalah bidang Irigasi, Jalan, Air Minum, Sanitas, Perumahan. Dari hasil penilaian, bidang Perumahan Kota Ambon menunjukan kinerja terbaik.

“Sehingga Kementerian PUPR memberikan penghargaan atas Pengelolaan DAK Terbaik se-wilayah timur Indonesia,” kata Fidensius Sihombing, ST. MT, Kabid Perumahan Rakyat Dinas PRKP di Ambon, Rabu (19/12/2018).

Menurut Sihombing, Kepala Dinas PRKP Kota Ambon Ir. Brury Nanulaita, MT menerima penghargaan tersebut di Bali belum lama ini. Sisi positifnya adalah, tahun 2019 nanti Kota Ambon mendapat 186 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Kementerian PUPR melalui DAK.

“Jumlah ini meningkat 100 persen dari tahun 2018 yang kuotanya hanya 82 unit RTLH,” ucapnya.


Diakuinya, prestasi tersebut karena ada adanya kerjasama yang baik dari masyarakat penerima bantuan dan instansi tekait di Kota Ambon.

Dikatakan, tahun 2018 program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) satu unit rumah nilainy Rp.15 juta murni bahan, sedangkan tahun 2019 Rp.17,5 juta dengan rincian Rp.15 juta untuk harga bahan dan Rp.2,5 juta untuk upah tukang.

Bantuan tersebut diprioritaskan bagi kawasan-kawasan kumuh di Kota Ambon. Jika ada kelebihan maka akan diarahkan diluar kawasan kumuh.

“Harapan Kementerian PUPR adalah tingkatkan kinerja untuk program Perumahan di tahun 2019,” kata Sihombing. (MC)

Ambon 4765158683350393616

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC