Loading...

Wali Kota Tual Resmi Buka Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tukang

Adam Rahayaan Resmi Buka Pembekalan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Bidang Konstruksi
TUAL, Malukuchannel.com - Wali Kota Tual, Adam Rahayaan Secara Resmi Membuka Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja di Bidang Konstruksi di Aula Kantor Walikota Tual, Selasa (02/10/2018).

Walikota Tual dalam sambutannya menyatakan jasa konstruksi merupakan salah satu instrumen pembangunan yang sangat penting dan mempunyai peran strategis dalam memberikan kontribusi pada sektor pembangunan Nasional dan di daerah.

"Jasa konstruksi merupakan bidang usaha yang banyak diminati masyarakat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi," ungkapnya Rahayaan.

Ditambahkan, untuk tenaga kerja konstruksi wajib memiliki sertifikat konstruksi, dan penyedia jasa wajib mempekerjakan tenaga kerja yang memiliki sertifikasi, guna menjamin kepastian mutu dalam penyelenggaraan jasa konstruksi.

Wali Kota berhaarap, melalui kegiatan ini tenaga kerja konstruksi di Kota Tual harus memiliki kepercayaan diri, sehingga dapat menghasilkan kualitas konstruksi yang tidak kalah dengan tenaga kerja konstruksi dari daerah lain.

"Kita harus merasa yakin kita bisa melakukan seperti yang mereka kerjakan, jangan merasa minder tetapi kita memang harus bisa meningkatkan kualitas keterampilan kita," pungkasnya.

Ketua Panitia Pembekalan dan Uji Sertifikasi, Maria Oktavina Far-far menjelaskan pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi, baru pertama dilaksanakan di Kota Tual.

Berdasarkan UU No 2 pasal 70 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi, diwajibkan memiliki sertifikat kompentensi kerja. Serta para penguna jasa dan /atau penyedia jasa juga wajib mempekerjakan tenaga kerja yang memiliki sertifikat kompetensi kerja.

Kegiatan pelatihan selam 3 hari yang melibatkan 268 peserta dari Penyedia jasa, tukang Besi 38 Orang, Tukang Kayu 44 Orang dan Tukang Batu 54 Orang serta tukang untuk program kotaku 80 Orang.

Ditambakan Far- far, Kegiatan ini merupakan tahap pertama untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja terampil.

"Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk mempersiapkan tenaga konstruksi yang handal yang memiliki sertifikat," pungkasnya. (MC)
Tual 7738898077450328696

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC