Loading...

Gempa Guncang Latuhalat Ambon 2,4 SR

Gempa Tektonik
AMBON, Malukuchannel.com - Gempa Bumi Tektonik Berkekuatan 2,4 pada Skala Richter (SR) mengguncang Latuhalat-Ambon dan sekitarnya pada Selasa Malam, (02/10/2018) pukul 19.07 WIT.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Abraham Mustamu seperti dilansir dari laman facebook Info BMKG Maluku menyatakan Episenter gempa terletak pada koordinat 3.82 LS dan 128.17 BT, tepatnya di laut 12 km Selatan Ambon pada kedalaman 10 km.

Dijelaskan, gempa itu dirasakan di Latuhalat-Ambon I SIG-BMKG (I-II MMI). Di daerah tersebut, guncangan gempa dirasakan oleh beberapa orang.

"Kami belum menerima laporan adanya kerusakan maupun korban," ujar Abraham.

Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas Sesar lokal yang menyebabkan terjadi deformasi batuan, sehingga memicu terjadinya gempa.

Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempa ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Hingga laporan ini diturunkan belum terjadi aktivitas gempa susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD.

"Khususnya masyarakat di pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami," tandasnya. (MC)
Ambon 25031874214171469

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC