Loading...

Tuasikal Canangkan Kampung KB di Dusun Aira Negeri Soahuku dan Dusun Aimrua Negeri Rutah

MASOHI, Malukuchannel.com - Kegiatan Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Dusun Aira Negeri Soahuku dan Dusun Aimrua Negeri Rutah Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Jumat (10/08/2018), yang bertempat di Dusun Aira Negeri Soahuku.

Hadir dalam kegiatan tersebut: Bupati Maluku Tengah Hi. Tuasikal Abua,SH Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malteng Ny. Hj Amien Ru'ati Tuasikal, Plt. Kadis PPKB/BKKBN Kabupaten Malteng Harissa,SE, Para Pimpinan OPD dalam lingkup Pemda Malteng, Kepala Kecamatan Amahai Drs. C. Lekatompessy Kepala Pemerintahan Negeri Amahai, Penjabat Pemerintah Negeri Soahuku, Penjabat Pemerintah Negeri Rutah serta Masyarakat Dusun Aira dan Dusun Aimrua.

Sementara itu Plt. Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BPKB/BKKBN) Malteng Harissa,SE dalam sambutannya mengatakan bahwa: Pelaksanaan Pencanangan Kampung KB Dusun Aira, Negeri Souhuku dan Dusun Aimma, Negeri Rutah Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2018, di dasari Kebijakan Pembangunan Nasionai Pemerintah tahun 2015-2019, BKKBN diberi Amanat untuk mensukseskan Agenda Pembangunan Nasional Nawacita, khususnya agenda Prioritas Membangun daerah-daerah dan Desa dalam kerangka Negara Kesatuan, Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia, Revolusi Karakter Bangsa, melalui Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana.

"Amanat Bapak Presiden agar BKKBN dapat Menyusun program yang memperkuat target pencapaian dan menjadi ikon BKKBN serta dapat secara langsung bersentuhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia di seluruh tingkatkan wilayah dan disepakati pembentukan Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) yang menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan prioritas Program KKBPK secara utuh ditingkat wilayah," jelasnya.

Harissa, menambahkan bahwa: lmplementasi dari amanat Bapak Presiden tersebut maka keluar lnstruksi Presiden Tentang Pembentukan Kampung KB yang ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Gubernur Nomor: 440/40/SE tanggal 11 Januari 2016 tentang Pembentukan Kampung KB di Provinsi Maluku, hal ini merupakan Program Terobosan Bupati Maluku Tengah dalam mewujudkan Norma Keluarga Kecil bahagia dan Sejahtera.

Surat Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana Kabupaten Maluku Tengah Nomor: 476/104/2018 tanggal 24 Mei 2018 Tentang Pencanangan Kampung KB Kabupaten Maluku Tengah tahun 2018.

Tujuan dilaksanakan Pencanangan Kampung KB di Dusun Aira dan Dusun Aimrua ini adalah: Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat ditingkat Kampung atau yang Setara melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga serta Pembangunan Sektor terkait dalam rangka mewujudkan Keluarga Berkualitas.

Meningkatkan Peran Pemerintah, Pemerintah Daerah, Lembaga non Pemerintah dan Swasta dalam memfasilitasi, melakukan pendampingan dan Pembinaan kepada Masyarakat, agar turut berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Pembinaan Terhadap Kelompok Bina-Bina Keluarga Ini akan terus Kami Lakukan khususnya untuk Tumbuh Kembang Balita agar tumbuh, Bayi yang sehat dan cerdas sebagai aset bangsa dimasa depan, Juga Kepada Remaja Lewat Kelompok BKR dan PIK Remaja tetap dilakukan Pembinaan agar mereka terhindar Persoalan-Persoaian Remaja seperti: Free Sex, Narkoba dan HIVAIDS. sebab Remaja ini adalah tumpuan Masa depan bangsa dan Negara oleh Karena itu perlu mendapat perhatian pembinaan dari kita semua baik Pemerintah maupun Keluarga," ungkap Harissa.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua,SH menyampaikan bahwa: Pencanangan Kampung KB kembali dilakukan di Kecamatan Amahai pada tahun 2018 ini dengan maksud untuk terus memotivasi semua elemen masyarakat agar bersama-sama menjadikan setiap keluarga di wilayah ini menjadi keluarga yang lebih sejahtera melalui program KB dan program-program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera.

Melalui pencanangan Kampung KB di hari ini kiranya benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat dan semua pihak terkait untuk terus membumikan program KB di wilayah ini karena diindikasikan masih banyak pasangan usia subur di Negeri Rutah dan Negeri Soahuku khususnya maupun di Kecamatan Amahai ini yang belum mengikuti program KB," harap Tuasikal.

Tuasikal, menjelaskan bahwa Saat ini pemerintah, bangsa, dan daerah kita masih menghadapi banyak tantangan dan kendala di bidang kependudukan, misalnya dalam menurunkan tingkat kelahiran, memperkuat ketahanan keluarga maupun meningkatkan kualitas dan kesejahteraan keluarga.

Sehubungan dengan itu maka pencanangan Kampung KB di Dusun Aira Negeri Soahuku dan Dusun Aimrua Negeri Rutah pada hari ini harus dijadikan sebagai momentum untuk mengingatkan kita semua bahwa program KB sangat penting sebagai investasi bagi pembangunan. Program ini bukan sekedar untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, tetapi juga dalam rangka peningkatan kualitas penduduk dan kesejahteraan keluarga agar dapat melaksanakan fungsi-fungsi keluarganya secara baik.

Untuk itu, khusus kepada pasangan usia subur, atau generasi muda yang akan menikah, saya berharap agar mulai dari sekarang kiranya merencanakan masa depan keluarga dan generasi penerus kita dengan berkomitmen bahwa Dua Anak Cukup. Karena apabila hanya dua anak pasti kita akan mudah untuk menyiapkan masa depan mereka secara lebih baik dan berkualitas.

"Anjuran bahwa Dua Anak Cukup tentu bermanfaat bagi kebaikan kita semua karena untuk menghasilakan generasi penerus bangsa yang berkualitas baik dari segi pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kebutuhan hidup lainnya tentu tidaklah mudah. Karena pada satu sisi sumber daya alam makin terbatas sedangkan di sisi lain pertumbuhan penduduk makin meningkat yang mengakibatkan persaingan untuk bertahan hidup semakin ketat," tutupnya.

Adapun Penyerahan Bantuan KB oleh Bapak Bupati dan Ibu Ketua TP PKK Malteng, kepada petugas KB di Dusun Aira dusn Aimrua. (MCJ)
Malteng 2861002144454515455

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC