Loading...

Satgas Opster TNI "Kalwedo" Tahun 2018 Resmi Ditutup

AMBON, Malukuchannel.com - Upacara penutupan pelaksanaan kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI "Kalwedo" tahun 2018 di Wilayah Kodim 1507/Saumlaki, Korem 151/Binaiya yang berlangsung di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) secara resmi dinyatakan selesai.

Upacar penutupan Opster Kalwedo tersebut dipimpin langsung oleh Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru, selaku inspektur upacara yang juga sekaligus sebagai Dansatgas Opster TNI "Kalwedo" TA. 2018, dan komandan upacara Letkol Inf Rahmad Saerodin (Dandim 1507/Saumlaki) , yang berlangsung dilapangan Bukit Wakuray, Desa Wonreli, Kecamatan Pp.Terselatan, dihadiri oleh 2.000 orang, prajurit TNI,masyarakat, dan pelajar serta berbagai instansi yang ada di Pulau Kisar, MBD, Jumat (08/06/2018).

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto dalam sambutan tertulis, yang dibacakan oleh Danrem 151/Binaiya, mengatakan pelaksanaan Opster Kalwedo yang berlangsung selama 70 hari, melibatkan para prajurit, unsur Pemda, unsur Polri, unsur BUMN, dan segenap komponen masyarakat telah bekerjasama menyelesaikan program Opster.

"Kebersamaan yang sudah lama kita bangun dan selalu kita jaga ini merupakan sinergitas positif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa pada masa sekarang ini. Salah satu diantaranya adalah dengan membantu Pemda dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pembangunan yang sangat dibutuhkan masyarakat, untuk meningkatkan kesejahteraan bersama, "ungkap Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru

Perwira menengah TNI AD berpangkat tiga melati itu, mengungkapkan, terkait dengan hal tersebut, pada kesempatan yang baik ini, Pangdam XVI/Pattimura selaku penanggung jawab Opster "Kalwedo" juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil, karena berkat kerja keras dan kesungguhan dari semua unsur, kegiatan Opster "Kalwedo" ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana.

"Opster Kalwedo Kodam XVI/Pattimura di wilayah Kabupaten Maluku Barat daya ini, telah menyelesaikan 100% sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, yang tersebar di berbagai Desa di Kecamatan Kisar Utara dan pulau-pulau Terselatan. Diantaranya pembangunan jalan rabat atau jalan setapak, pembangunan WC, lembangunan talud penahan tanah, pembangunan kantor desa, lembangunan bak penampung air, rehab rumah, pembangunan rumah rakyat, lembangunan pagar rumah pastori, dan Rehab rumah tidak layak huni,” ujar Danrem.

Dikatakannya, disamping sasaran fisik, Opster Kalwedo juga telah menyelesaikan sasaran non-fisik, berupa penyuluhan tentang kesadaran Bela Negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang radikalisme dan terorisme, penyuluhan tentang bahaya laten komunis (Balatkom), penyuluhan tentang kerukunan hidup beragama, menjunjung tinggi hidup dalam kebhinekaan dan menjunjung tinggi Pancasila sebagai landasan Ideologi Negara, penyuluhan tentang bidang Kamtibmas, penyuluhan dan pelayanan KB serta kesehatan ibu dan anak, penyuluhan dan implementasi BIOS 44 serta pengobatan massal.

Dalam upacara penutupan Opster Kalwedo tersebut, ditampilkan Deklarasi Kisar Cinta NKRI yang dibacakan oleh Ikatan Latupati Pulau Kisar dan pengibaran bendera merah putih sebanyak 2000 buah serta diikuti dengan Paduan Suara dari dan tarian seni daerah yang dibawakan oleh Siswa-siswi dari SMA N 1 Pp.Terselatan.

Turut hadir dalam upacara penutupan tersebut, Irdam XVI/Pattimura Kolonel Arh Karev Marpaung, Danrem 151/Binaiya, Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru, Plt Bupati MBD, Benjamin S. T. Noach, beserta unsur Forkopimda MBD, Dandim 1507/Saumlaki Letkol Inf Rahmad Saerodin,Kapolres MBD A.R Tatuh, Camat Pulau-pulau Terselatan, Ricky Petrusz dan Camat Kisar Utara Yani Noach, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 151 PD XVI/Pattimura, Ny. Christian K. Tehuteru serta Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Pulau Kisar. (MC)
Daerah 358013446851094688

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC