Loading...

BAPPEDA Malra Gelar Bintek dan Workshop Penyuluhan KLHS RPJMD Tahun 2018-2023

MALRA, Malukuchannel.com - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis dan Workshop Tentang Penyusunan kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD Tahun 2018-2023 yang diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari SKPD terkait, Para camat, Para Rat/Orong Kai, OKP/ORMAS serta Stakeholder lainnya. Bertempat di Lantai III Kantor Bupati Malra, Rabu (06/06/2018) kemarin.

Kegiatan yang bersumber dari DIPA Bappeda Malukuk Tenggara 2018 ini di Buka Oleh Pj Sekda Maluku Tenggara atas nama Pjs Bupati Maluku Tenggara Semuel Risambessy.

"Dalam sambutan Tertulis Bupati yang dibacakan oleh Pj Sekda H. Rettobjaan katakan bahwa Bimtek dan Workshop ini sangat Penting sebab akan dijadikan sebagai bahan Edukasi dalam menyusun kajian Lingkungan Hidup Strategis Lima Tahun kedepan.

Kegiatan Yang Menghadirkan Narasumber dari Kemendagri, Bappenas, dan Unpatti ini Lebih menekankan pada Proses Prencanaan, Pelaksanaan serta Evaluasi, Hal Tersebut diungkapkan Oleh Sri Handayani dari Bappenas, sedangkan Yudi Timor Budi Prakoso dari Kemendagri dalam pemaparannya Menitikberatkan pada Analisis secara Sistematis dan Menyeluruh Dengan pendekatan partisipatif untuk Memastikan bahwa Prinsip Pembangunan Berkelanjutan menjadi Bahan Evaluasi Bersama.

Narasumber dari Unpatti Ambon Dr. Fransina Latumahina dalam Pemaparannya Lebih Menekankan pada Tingkat Partisipatif dan Keterlibatan masyarakat/Pemangku kepentingan dalam pengelolaan Lingkungan Hidup," ungkap Fransina.

Hal ini sejalan Dengan PP Nomor: 46 Tahun 2016 pasal 32 yang Mengamanatkan bahwa dalam hal Partisipasi maka Masyarakat Berhak Memberikan Pendapat, Saran, dan Usul serta Berhak mendapatkan bantuan Teknis, Pendampingan Tenaga Ahli dan Informasi yang Seluas luasnya.
Kepala Bappeda Maluku Tenggara M. Teslatu dalam pemaparannya katakan Sehubungan dengan Berakhirnya periode RPJMD 2013-2018 maka Kegiatan ini sekaligus sebagai tahapan dalam proses Penyusunan RPJMD 2018-2023 yang Tengah dilaksanakan saat ini," kata Teslatu.

"Kegiatan yang berlangsung Sehari ini ditutup dengan pembentukan Kelompok Kerja KLHS RPJMD 2018-2023 yang melibatkan semua unsur yang hadir. (MCS)
Maluku Tenggara 5353968807220027485

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC