Loading...

Operasi Lilin, Polda Maluku Kerahkan 1.086 Personel

Ambon, Maluku Channel.com Kepolisian Daerah Maluku Mengerahkan 1.086 personel gabungan yang akan bertugas melakukan  pengamanan natal seta pergantian tahun baru dengan sandi operasi lilin 2016.

Gelar apel pasukan pengamanan operasi lilin 2016 yang berlangsung di ambon, kamis (22/12/2016) di pimpin Irwasda Polda Maluku Kombes Pol Sarono mewakili Kapolda Brigjen Pol Ilham Salahuddin yang sementara bertugas di luar daerah.

Personel gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Satpo PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Serta jasa raharja ini akan di sebarkan pada sejumlah pos pengamanan serta pos pelayanan yang sudah disediakan.

Iwasda dalam kesempatan itu membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang meneggaskan gelar apel pasukan operasi lilin 2016 untuk pengamanan natal dan tahun baru.

"Untuk kondisi keamanan dalam negeri, aksi teror masih terjadi seperti halnya kejadian Samarinda serta Singkawang, meski pun beberapa aksi teror dapat digagalkan dengan baik oleh aparat kepolisian beserta elemen terkait lainya, namun ancaman di percaya masih terus berlangsung, "tandas kapolri.

Selain itu, dinamika kehidupan nasional yang terjadi beberapa bulan terakhir juga menunjukan adanya potensi gangguan dalam bentuk kejadian intoleransi baik interen maupun antara agama menjadi lebih kompleks karena kejadian tersebut berlangsung di tengah suasana peningkatan suhu politik yang terjadi sebagai akibat dari pelaksanaan pilkada serentak 2017.

Berbagai hal tersebut menjadi tantangan tugas polri dan elemen terkait khususnya dalam menjaga dan mengamankan ibadah Natal 2016 dan pergamtian tahun 2017.

Perayaan Natal dan tahun baru merupakan momentum berlibur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di indonesia, karena itu di perdiiksi akan terjadi moblisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain, serta munculnya titik konsentrasi masa di lokasi tertentu seperti objek wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandara udara, atau terminal.

"Peningkatan kapasitas masyarakat ini harus diantisipasi dengan baik oleh aparat keamanan," tegas Kapolri.

Polri menggelar operasi lilin 2016 yang dilaksanakan selama sepuluh hari sejak 23 Desember 2016 sampai 1 Januari 2017 Operasi ini dilakukan dengan mengedepankan tindakan represif dan preventif yang didukung intelejen serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Polri mengerahkan 85.744 personelnya secara nasional dibantu 15.096 personil TNI dan 55.130 personel gabungan dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, dan Jasa Raharja.

Mereka ditempatkan pada 1.609 pos pengamanan serta 643 pos pelayanan guna memberikan pengamanan kamtibmas dan keamanan keselamatan kelancaran lalulintas.

Diharapkan operasi ini berjalan dengan baik dan lancar sehingga masyarakat dapat merasakan dampak nyata dari pelayanan yang diberikan sehingga seluruh personel bekerja dengan sungguh-sungguh berikan pelayanan proporsional.
Daerah 4892023255523138622

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC