Loading...

PT. Olop Ekspor Buah Pala Dari Hila

Ambon, Maluku Channel.com PT. Olop yang berada di Desa Hila Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, setiap bulan melakukan ekspor 11 ton buah Pala ke Uni Eropa melalui pelabuhan ekspor di Surabaya.

"Ekspor dilakukan dari Surabaya karena exportir di Surabaya dengan pembeli di Uni Eropah sudah melakukan kerjasama, selain itu Maluku belum mempunyai Sucofindo dan belum ada kontener ekspor," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Ir. Diana Padang, M.Si di Ambon, Rabu.(23/11/2016).

Dia mengakui soal Sucofindo sudah dibicarakan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provisi Maluku

Komoditi Pala asal Maluku yang di ekspor bebas dari Aflatoksin, namun kalaupun ada Aflatoksin maka kemungkinan tersimpan terlalu lama di gudang Surabaya.

Pihak Disperindag Maluku diminta untuk secepatnya mendatangkan Sucofindo di Maluku sehingga ekspor Pala bisa dilakukan dari pelabuhan Ambon.

Dikatakan, jika ekspor Pala bisa dilakukan dari Pelabuhan Ambon maka selain dapat menguntungkan pengusaha lokal, juga dapat menyerap banyak tenaga kerja di daerah ini.

"Penjualan komoditi Pala sering dilakukan di pelabuhan-pelabuhan rakyat/lokal, sehingga Distan Maluku belum bisa untuk mendatanya,"ucapnya. (MC) Teko
Aneka 5398509420239914052

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC