Loading...

DPD Ikadin Maluku Buka Kantor DPC Baru

Ambon, Maluku Channel.com DPD Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Maluku akan membuka sejumlah kantor Dewan Pimpinan Cabang Ikadin yang baru di seluruh daerah tingkat dua guna membantu masyarakat pencari keadilan.

"Kita mempunyai dua kota dan sembilan kabupaten di Maluku. Namun, saat ini baru terbentuk enam DPC yakni kota Ambon, kabupaten Seram Bagian Barat dan Maluku Tengah, Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Buru, serta Kota Tual," kata Ketua DPD Ikadin Maluku, DR. Z.A.L Rumalean, di Ambon, Selasa (29/11/2016).

Karena itu, DPD Ikadin Maluku akan segera membuka beberapa kantor DPC baru dan bisa menyebarkan anggota-anggotanya untuk membantu masyarakat pencari keadilan di setiap daerah.

Menurut dia, DPD Ikadin memiliki 68 anggota yang sudah memiliki KTA dan sekarang akan ditambah 50 anggota baru yang sudah selesai mengikuti pendidikan advokad dan siap dilantik dalam waktu dekat.

Wilayah Maluku terdiri dari pulau-pulau dengan rentang kendali yang relatif panjang, di mana orang di Kabupaten Maluku Barat Daya(MBD) yang ingin mencari keadilan harus berangkat ke Saumlaki, ibu kota kabupaten Maluku Tenggara Barat(MTB).

Kondisi serupa juga terjadi di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur(SBT) yang harus mengeluarkan biaya tinggi ke Masohi, ibu kota kabupaten Maluku Tengah untuk berproses di kantor pengadilan negeri.

Sehingga azas penanganan sebuah perkara secara cepat dan murah sesuai undang-undang kehakiman secara otomatis menjadi terabaikan akibat tidak adanya infrastruktur dasar bidang hukum di daerah yang jauh dan terpencil.

Pembukaan kantor DPC Ikadin di daerah-daerah pemekaran selain membantu masyarakat pencari keadilan juga membuka peluang kerja bagi para advokat muda di daerah ini.

"Kami sudah mengingatkan para advokat agar jangan menjadi pengumpul harta. Namun, bekerja secara profesional dan mengedepankan kode etik advokat," katanya.

Dia juga menyambut baik kebijakan pemerintah yang akan membuka kantor pengadilan negeri di kabupaten Kepulauan Aru, kabupaten SBT serta Kabupaten MBD sehingga mempermudah masyarakat yang ingin mencari keadilan disana.
Daerah 2981871387641717792

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC