Loading...

Si Jago Merah Hanguskan Gedung Citra Swalayan Ambon

Ambon, Maluku Channel.com Petugas kebakaran Pemerintah Kota Ambon bersama empat unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api yang membakar satu unit gudang berisi kebutuhan pokok masyarakat di kawasan Lorong Maranatha, Tanah Tinggi, Kota Ambon, Senin. (21/11/2016) sekitar pukul 18.30 WIT.

Pantauan di lokasi kejadian, bangunan gudang berlantai dua milik yang biasanya digunakan untuk menyimpan kebutuhan pokok masyarakat milik super market "Citra" itu ludes dilalap si gajo merah.

Api pertama kali muncul sekitar pukul 19.20 WIT dari lantai dua gudang yang berada di kawasan padat penduduk tersebut, dan merembet cepat membakar seluruh bagian lantai dua bangunan.

Sedangkan lantai satu bangunan yang terdapat beberapa unit mobil truk, lolos dari amukan api dan seluruh kendaraan operasional dapat dikeluarkan dari dalam bangunan.

Petugas kebakaran Pemerintah Kota Ambon bersama empat unit mobil pemadaman yang berada di lokasi, 20 menit berselang, kesulitan memadamkan api yang semakin membesar karena asap tebal yang memenuhi seluruh bagian dalam bangunan.

Puluhan petugas berupaya untuk menerobos ke lantai dua bangunan gudang yang terbakar melalui tangga di bagian dalam, tetapi api telah membesar dengan suhu panas tinggi, sehingga akhirnya petugas hanya bisa menyemprotkan air untuk memadamkan api dari tangga.

"Kami tidak bisa memaksa untuk masuk ke lantai dua karena suhu panas terlalu tinggi serta asap tebal memenuhi seluruh bangunan," ujar beberapa petugas pemadam.

Mobil pemadam juga kesulitan untuk masuk lorong dan melakukan manuver di lokasi kebakaran, dikarenakan akses jalan yang sempit dan hanya cukup dilewati oleh satu mobil saja, sehingga menghambat upaya petugas mengendalikan si jago merah menjadi terhambat.

Saat api membesar, sebagian besar warga yang rumahnya berdekatan dengan gudang menjadi panik dan berupaya menyelamatkan barang seadanya saja, terutama pakaian serta surat-surat berharga.

Hampir satu jam barulah api dapat dikendalikan oleh petugas pemadam kebakaran dan api tidak merembet ke bangunan lain disekitarnya.

Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru yang turun ke lokasi kejadian juga ikut sibuk menginstruksikan petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api, karena khawatir akan membesar dan merembet membakar pemukiman warga di kawasan padat tersebut.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui penyebab terbakarnya gudang kebutuhan pokok masyarakat serta kerugian yang diakibatkan karena masih diselidiki aparat Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.
Ambon 6810452519095548461

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC