Loading...

Ekpedisi Pulau Terluar BI Tukar Uang Lusuh Rp1,7 Miliar

Ambon, Maluku Channel.com Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku berhasil melakukan penukaran uang lusuh pada kegiatan ekspedisi Pulau Terluar II di pulau Banda, kabupaten Maluku Tengah dan Kepulauan Aru sebesar Rp1,7 miliar.

"Kegiatan ekspedisi yang berlangsung mulai tanggal 20 hingga 23 Oktober 2016 menyinggahi delapan pulau, dan semuanya dilakukan penukaran uang lusuh," kata Deputy Perwakilan BI Maluku, Joko Triono di Ambon, Jumat (28/10/2016).

Pulau-pulau yang disinggahi untuk kegiatan penukaran uang lusuh yakni Banda, Rum, Hatta, Kalar-Kalar, Dobo, Benjina, Kabarfani, dan Pulau Kenari.

Joko mengungkapkan, di beberapa tempat seperti Kalar-Kalar dan Kabarfani tidak ada bank sehingga uang yang ditukar sudah hampir hancur.

"Karena memang tidak ada bank yang beroperasi di daerah itu terpaksa perputaran uang itu hanya di situ saja, dan kalaupun terpaksa mereka harus ke Dobo Ibu Kota Kabupaten Aru untuk menukar uang yang baru," ujarnya.

BI Maluku, lanjutnya, pada kegiatan ekspedisi II itu menyiapkan sedikitnya Rp6 miliar sebagai stok guna kegiatan penukaran uang lusuh.

Joko mengatakan, di Kalar-Kalar dan Kabarfani masih ada uang dengan pecahan Rp100 lembar namun tidak bisa dilakukan penukaran lagi sebab sudah melewati masa emisinya, sudah tidak laku lagi.

"Jadi kegiatan ekspedisi II BI Maluku yang berlangsung mulai dari tanggal pada 20 - 23 Oktober 2016 dan berhasil menukarkan uang lusuh sebanyak Rp1,6 miliar masih dibawah kegiatan ekspedisi I yang berhasil menukarkan uang lusuh sebanyak Rp3 milair," ujarnya.

Ekspedisi I ke Pulau-Pulasu terluar mulai dari pulau Teon,Nila dan Serua (TNS), Kabupaten Maluku Tengah, kemudian Saumlaki, selaru, Pulau-Pulasu Babar, Moa, Leti, Lakorhingga ke dusun Ustutun, di Pulau Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).
Ekonomi 5798503166892358774

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC